Dongeng Binatang - Persahabatan Singa dan Tikus

Jauh di dalam sebuah hutan belantara, hiduplah seekor singa yang perkasa, gagah dan berani yang menguasai hutan itu. Setiap hewan didalam hutan  takut dan sangat hormat kepada singa tersebut. Karena keperkasaannya maka singa itu dipanggil Raja Hutan oleh hewan-hewan lain yang ada di dalam hutan.

Singa biasanya menghabiskan setengah harinya untuk berburu makanan didalam hutan, dan setengah harinya lagi dia habiskan untuk tidur setelah menikmati hasil buruannya.

Tidak ada makluk yang berani mendekat kesarangnya sepanjang hari terutama ketika dia sedang tidur, karena dia akan sangat marah jika tidurnya terganggu.

Tetapi suatu hari, ada seekor tikus yang ingin melihat apa yang sebenarnya dilakukan si raja singa itu di dalam gua setiap harinya. Selain itu tikus juga ingin melihat wajah singa ketika tertidur.

Ketika tikus mulai masuk kedalam gua itu, dia tidak mendapatkan singa ada di dalamnya. Kemudian dia mulai masuk lebih dalam lagi ke bagian dalam dari gua itu.

Dan ketika tikus mencarinya, singa tiba-tiba datang dari luar.

Kemudian bersembunyilah tikus di balik sebongkah batu, sehingga singa tidak mengetahui ada seekor tikus didalam guanya. Dan setelah selesai berburu, maka mengantuklah singa dan tertidurlah dia. Ketika tikus melihat singa itu tertidur, tikus mulai keluar dari persembunyiannya dan mencoba untuk keluar dari dalam gua.

Tidak sengaja tikus itu menginjak ekor dari singa, dan terbangunlah singa. Maka marahlah singa itu karena tidurnya terganggu.

Tikus pun berkata: “maafkan...aku baginda raja!! Saya hanya mencari makan didalam gua ini..Saya tidak bermksud mengganggu waktu tidur anda baginda Raja!!”

Karena permintaan maaf yang tulus dari tikus, Raja hutan itu memaafkannya, dan membiarkan tikus itu keluar dari dalam gua.

Setelah beberapa hari, Raja Hutan sedang mencari makanan di kebun anggur milik seorang petani yang berada dekat dengan hutan. Dan malang nasibnya, singa itu terjerat jebakan tali yang di buat oleh petani.

“Tolloooonnggg….!!!!’ Jeritan singa itu. Singa terus mengaum dan meminta tolong kepada semua hewan yang ada dihutan. Tetapi tidak ada yang berani menolongnya.

Ketika tikus mendengar minta tolong dari singa, maka tergeraklah hatinya. Kemudian Tikus itu mulai menghampiri singa yang sedang putus asa karena tidak ada pertolongan.

Tikus pun berkata:”mari kita gigit tali ini bersama agar putus tali ini..!!”

Mendengar perkataan si tikus, singa mencoba menggigit tali hingga putus. Akhirnya mereka berdua bisa memutuskan tali jeratan itu. Dan singa bisa bebas kembali kedalam hutan dengan selamat.


Pelajaran yang bisa kita ambil adalah
Jangan melihat betapa kecil dan lemah seseorang , karena mungkin hanya dia yang bisa membantu kita di kemudian hari ketika kita dalam kesulitan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dongeng Binatang - Persahabatan Singa dan Tikus"

Post a Comment