Dongeng Binatang - Si Kucing yang tamak

Di suatu pasar yang ramai, ada seorang pedagang ikan yang sibuk dengan dagangannya, ketika si  pedagang ikan sedang asyik melayani pelanggan nya, tiba-tiba datanglah seekor kucing liar mendekat kearah pedagang ikan tersebut.

Kucing liar itu melompat menghampiri bangku si penjual ikan, lalu menyambar sepotong ikan, dan kemudian  melarikan diri dengan membawa potongan ikan milik penjual ikan itu.

Pedagang itu pun kaget, dan berkata‘’woii..! kucing yang nakal, berani nya kau mencuri ikan dagangan ku!’’ sambil mengejar kucing liar itu.

Namun kucing liar berlari sangat cepat dan penjual ikan tidak sanggup untuk mengejarnya.

Setelah sekian lama berlari, akhirnya kucing tadi sampai di sebuah sungai, dan memutuskan untuk beristirahat sejenak, sambil memulihkan tenaganya yang hampir habis. Setelah puas beristirahat kucing itu, mulai berjalan melalui sebuah jembatan kecil di atas aliran sungai untuk menyeberangi sungai itu.

Saat berjalan di jembatan, kucing itu menengok ke dalam sungai, alangkah terkejut nya dia saat melihat seekor kucing lain sedang membawa sepotong ikan yang lebih besar dari yang dia bawa. Ia tidak tahu bahwa yang dia lihat itu adalah bayangnya sendiri.

"Aku harus mendapatkan ikannya itu,’ pikir kucing liar itu.

Tanpa berfikir panjang, ia pun berbicara keras kepada kucing yang dilihatnya di dalam sungai itu. Namun malang baginya, ketika ia mulai membuka mulutnya, ikan yang sedang dia bawa dengan mulutnya tadi tak sengaja terjatuh ke dalam sungai.

‘’Aduhhhh…kenapa bodohnya aku! Aku harusnya bersyukur dengan makanan yang sudah ada. Bersikap tamak dan rakus akan merugikan diri sendiri…’’sesal si kucing liar.

Akhirnya kucing liar itu terpaksa pulang dalam keadaan kelaparan tanpa membawa makanan.

Pelajaran yang dapat diambil dari cerita ini.
•     Jauhilah sifat rakus dan tamak, karena sifat itu hanya akan merugikan diri kita sendiri.
•    Selalu bersyukurlah atas nikmat yang telah di berikan Sang Pencipta kepada kita.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dongeng Binatang - Si Kucing yang tamak"

Post a Comment