Dongeng Binatang - Akibat kesombongan Si Burung Rajawali


Di kisahkan, pada suatu hari hiduplah seekor burung rajawali yang sangat gagah. Burung rajawali itu tinggal di sebuah gunung yang tinggi. Karena sangat tinggi gunung tersebut, maka tidak ada orang yang bisa naik kesana.  Burung Rajawali itu adalah raja dari segala burung di gunung. 

Suatu hari seorang pemburu berhasil naik ke gunung tersebut, dengan membawa panahnya, ia  mencoba untuk menangkap burung rajawali itu, dengan menggunakan panahnya

Tetapi upaya  pemburu itu selalu gagal, karena panah si pemburu pada saat itu hanyalah bilah kayu runcing, yang apabila di tembakkan pasti akan meleset jauh dari sasaran.

Melihat upaya sang pemburu yang selalu gagal, si rajawali tertawa terpingkal-pingkal, sambil mengejek sang pemburu. Rajawali juga sengaja melepaskan satu helai bulunya agar sang pemburu semakin marah dan panas. Bulu yang dijatuhkan rajawali itu,jatuh tepat di hadapan sang pemburu, pemburu pun mengambil bulu itu dan membawanya pulang.

Besoknya pemburu itu datang lagi. Kali ini sang pemburu meletakkan bulu rajawali, yang dia dapatkan kemarin di belakang anak panahnya, maksud si pemburu menaruh bulu itu di anak panahnya, tidak lain hanyalah sekedar sebagai hiasan saja. 

Tetapi ternyata dampak yang di timbulkan sangat luar biasa. Panah itu tidak lagi goyang karena angin. Panah itu melesat lurus ke arah rajawali. Dan Rajawali itu terpanah tepat di dadanya, yang akhirnya membuat rajawali terkena panah dan burung rajawali tersebut itu mati.

Pelajaran berharga dari kisah ini:
Jangan pernah meremehkan sesuatu hal sekecil apapun, karena siapa tau hal kecil yang selalu kita remehkan itu bisa berakibat celaka bagi kita. Seperti yang di ceritakan dari kisah diatas Kesalahan yang dilakukan Rajawali adalah meremehkan sehelai bulu, dia menganggapnya main-main, ternyata bulu itulah yang menyebabkan kematiannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dongeng Binatang - Akibat kesombongan Si Burung Rajawali"

Post a Comment