Manfaat Musik Klasik Bagi Ibu Hamil dan Janin



Apakah Bunda sudah mengetahui tentang manfaat musik klasik bagi bagi Bunda dan janin anda? jika belum tau, saya akan memberikan informasi tentang musik klasik dan manfatnya bagi ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. 

Musik klasik berasal dari Kesenian Barat, musik kristiani, dan musik orchestra sekitar abad 9 sampai abad 21. Musik klasik yang di kembangkan di Eropa sangat mendetail dan di gunakan oleh beberapa komponis untuk menyatukan tinggi nada,kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaannya dalam suatu karya musik. Tidak semua aliran jenis musik memperhatikan semua hal itu. Oleh karena itu jenis musik klasik masih merupakan musik terbaik untuk ibu hamil dan janinnya. 

Perlu diketahui oleh Bunda, Musik merupakan salah satu sarana untuk mempererat ikatan batin Bunda dan bebi. Dengan mendengarkan musik, bunda dan bebi akan merasa rileks, dan janin dalam kandungan akan lebih bergerak aktif. Tetapi tidak hanya itu saja manfaatnya,  masih banyak lagi manfaat dari mendengarkan musik klasik ini. Saya akan menjelaskan satu persatu kepada Bunda.

1. Meningkatkan respon dan gerakan janin
Pada saat Bunda mendengarkan musik klasik didekat janin, musik klasik akan membantu meningkatkan aliran darah menuju otak janin sehingga aliran darah menuju otak menjadi lebih cepat. Ini akan memicu dan mengaktifkan pusat otonom, kognitif dan emosional janin anda. Selain itu, otak akan melepaskan dopamin, yaitu zat kimia yang mempengaruhi suasana hati dan kemampuan untuk merasakan kenikmatan.
Dengan aliran darah ke otak menjadi lebih cepat, janin akan memberikan respon balik berupa gerakan menendang ataupun hanya sekedar mengolet saja.
Karena irama musik klasik ini mirip dengan detak jantung Bunda, maka jika musik klasik  diperdengarkan pada bebi anda semasa dalam kandungan akan membantu syaraf motorik bebi agar lebih aktif, sehingga bebi (janin) akan bergerak lebih aktif.
Selain itu, irama musik klasik dari nada yang didengarkan secara rutin kepada bebi (janin) selama dalam kandungan dapat membuat bebi belajar mengenai prinsip persepsi dan tentang penalaran-penalaran dasar misalnya perbandingan, pengulangan dan pergantian suara.

2. Peningkatan IQ Bebi
Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak yang mendengarkan musik klasik sejak dini memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi dari pada anak yang tidak menyukai musik. Ini di sebabkan karena musik klasik memiliki ritme, tinggi nada, keras lembut nada yang diatur oleh seorang komponis yang bisa membuat meningkatnya kecerdasan seseorang yang mendengarkannya. Sebenarnya konsumsi musik klasik ini tidak hanya bermanfaat untuk anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga memerlukannya ketika dia merasa daya ingatnya sudah mulai berkurang atau sering lupa.
Ada sebuah penelitian yang sudah teruji dan terbukti yaitu mendengarkan musik klasik bagi bebi akan bermanfaat meningkatkan kecerdasan bebi tersebut. Manfaat lainnya antara lain akan membuat bebi anda bisa membedakan berbagai jenis-jenis suara sejak dini. 

3. Mengurangi rasa sakit saat melahirkan
Musik klasik dapat membantu melancarkan dan mengurangi rasa sakit saat proses melahirkan. Walaupun di Indonesia masih sedikit rumah sakit yang menggunakan cara ini, akan tetapi di Negara lain yang lebih modern mereka sudah melakukan cara ini yaitu dengan menperdengarkan musik klasik kepada Bunda saat sedang melahirkan. Cara ini terbukti ampuh dalam mengurangi rasa sakit dalam proses melahirkan karena memberikan kenyamanan dan mengurangi tingkatan stres, Bunda bisa mencobanya.
Komunikasilah dengan janin anda setiap kali istirahat dan menjelang tidur dengan mendengarkan musik klasik ini, karena dapat mengurangi tingkat stress dan memberikan rasa tenang kepada janin anda.

4. Mengurangi resiko stress bagi ibu hamil maupun janin
Tingkatan stress bagi ibu hamil sangatlah tinggi. Banyak faktor yang bisa membuat Bunda menjadi stress misalnya bingung masalah biaya kelahiran, tempat melahirkan, kondisi janin, kelengkapan anggota tubuh bebi dan lain sebagainya. Padahal stress harus di hindari oleh Bunda, karena akan menghambat tumbuh kembang janin anda. Walaupun Bunda memiliki banyak pikiran, tetapi usahakan berpikir yang positif ya Bun?demi kesehatan buah hati anda.
Sebuah artikel yang diterbitkan pada tahun 2008 dalam Journal of Clinical Nursing mengklaim bahwa wanita hamil yang mendengarkan musik klasik kurang lebih selama 30 menit saja, dapat mengurangi tingkat stres, kecemasan dan depresi Bunda.
Efek menenangkan akan timbul ketika musik klasik didengarkan, beberapa organ tubuh anda akan merasa tenang, seperti jantung anda akan mengalami perlambatan detak jantung serta pernapasan menjadi lebih dalam sehingga akan membuat tubuh anda menjadi rileks secara alami.
Jika Bunda susah tidur dan memiliki ganguan susah tidur, musik klasik adalah solusi yang tepat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, dapat membantu anda yang memiliki masalah gangguan tidur.

5. Meningkatkan memori /daya ingat
Musik klasik akan membantu bunda dan janin untuk memiliki daya ingat yang lebih lama, karena dengan mendengarkan musik klasik ini, maka aliran darah ke otak menjadi lancar sehingga akan membantu berpikir abstrak, berencana, dan berpikir ke masa depan. Hal ini sering disebut dengan penalaran spasial-temporal.
Jangka waktu untuk mengingat suatu kejadian pun menjadi lebih lama, jadi dalam proses belajar si janin bisa lebih lama mengingat pelajaran yang diberikan oleh Bunda.

6. Memaksimalkan fungsi kerja otak kanan
Selain manfaat-manfaat di atas, musik klasik juga memiliki fungsi meningkatkan kerja otak kanan. Sehingga fungsi otak pun menjadi seimbang antara otak kanan dan otak kiri. Musik klasik ini sudah terbukti bisa meningkatkan kecerdasan janin anda, jadi menggunakan terapi musik klasik merupakan salah satu terapi terbaik pada janin anda untuk meningkatkan system kerja otak kanan si janin.

7. Meningkatkan produksi ASI
Bagi ibu hamil, ini lah fakta terakhir yang menggembirakan yaitu musik klasik bisa meningkatkan produktifitas ASI. Bagi sebagian ibu hamil kuatir jika nanti ASI tidak mau keluar, akan tetapi Bunda bisa menggunakan terapi musik klasik untuk memicu produksi ASI.
Salah satu peternakan sapi di Inggris, menggunakan terapi musik klasik ini. Jadi setiap hari sapi-sapi di dengarkan musik klasik, sehingga produktifitas susu yang dihasilkan sapi-sapi itu bisa meningkat 2x lebih banyak dari sebelumnya. Dengan mendengarkan musik klasik si sapi tidak mengalami stress. Ini membuktikan bahwa terapi musik klasik ini berhasil meningkatkan produktifitas susu yang dihasillkan.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi Bunda, dan sering-seringlah mendengarkan musik klasik untuk tumbuh kembang bebi anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Musik Klasik Bagi Ibu Hamil dan Janin"

Post a Comment