Tips Memperkenalkan Anak pada Alat Musik






Selamat malam Bunda..

Apakah anak anda memiliki cita-cita ingin menjadi seorang musisi? Atau Bunda ingin agar kelak bebi anda menjadi seorang pianis atau gitaris?  Jangan kuatir karena pada artikel ini, saya akan memberikan tips yang tepat kepada para Bunda yang menginginkan anaknya agar  menyukai salah satu alat musik atau bahkan banyak alat musik yang bisa dia mainkan.

Bunda jangan kuatir jika orang tua dari bebi ini tidak memiliki bakat bermain alat musik. Atau dengan kata lain Ayah dan Bunda tidak bisa memainkan alat musik. Karena pada dasarnya semua orang bisa bermain alat musik, hanya perlu berlatih dan berlatih. Berikut langkah-langkah yang bisa Bunda praktekan dalam memilihkan alat musik yang tepat untuk bebi anda:

1.    Dengarkan Musik sejak bebi dalam kandungan
Tahap awal adalah memperkenalkan bebi dengan musik sejak dalam kandungan. Jenis musik yang paling baik di dengarkan adalah musik klasik. Bunda bisa meng-kombinasikan musik klasik dengan musik jazz. Musik dapat merangsang otak bebi untuk bertumbuh dan berkembang jauh lebih baik dari pada yang tidak memperkenalkannya. Selain itu musik dapat membuat bebi dan bunda menjadi relax. Waktu yang paling baik untuk mendengarkan musik ini adalah sebelum tidur. Bunda yang bekerja dan tidak sempat untuk mendengarkan musik klasik ini bisa meluangkan waktu 1-2 jam hanya sekedar untuk mendengarkan musik klasik sebelum tidur.

2.    Memilih alat musik yang tepat bagi bebi
Sejak dini usahakan jangan sampai salah memilih alat musik untuk anak anda. Misalkan Bunda menginginkan anaknya menjadi seorang gitaris jadi bunda memberikan les atau kursus gitar kepada anaknya. Akan tetapi ini adalah cara yang salah, karena belum tentu anak menyukai gitar dan mungkin juga anak lebih menyukai alat musik lain. Cara yang tepat dalam memilihkan alat musik adalah memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih alat musik mereka sendiri. Ada sedikit tips bagi Bunda agar tidak salah memilihkan alat musik ini, karena saya juga mem-praktekkannya yaitu ketika bebi anda sudah mulai merangkak, taruhlah bebi anda di suatu ruangan yang didalamnya sudah anda isi dengan alat musik mainan yang tidak berbahaya bagi bebi anda ( gitar mainan, piano mainan, drum atau stik drum) anda juga bisa menambahkan mix. Putarkan musik didalam ruangan itu dan tinggalkan bebi anda sendiri disana. Secara alam bawah sadar si bebi, dia akan memilih sendiri alat musik yang dia suka. Jika dia memilih microphone maka arahkanlah dia menjadi vokalis. Bunda bisa memberikan les atau kursus vokal kepadanya.

3.    Cara memilihkan alat musik dari tingkah laku bebi
Cara kedua ini bisa anda praktekkan ketika bebi anda berusia 1-2 tahun yaitu dengan cara melihat tingkah laku bebi anda, misalnya bebi anda sering memukul-mukul sesuatu ketika dia membawa barang seperti pensil. Pensil sebenarnya di gunakan untuk menggambar, tetapi digunakan oleh bebi sebagai alat untuk memukul. Bunda bisa mencoba mengganti pensil dengan stik drum mainan. Jika bebi anda menyukainya berarti dia menyukai alat musik drum, dan dia akan menjadi seorang drummer kelak.  Kemudian jika bebi anda selalu tertawa dan tertarik jika melihat orang asing yang sedang menyanyi. Walaupun orang asing tetapi bebi anda merasa nyaman didekatnya ketika dia menyanyikan sebuah lagu,  Ini berarti sejak dari kecil dia ingin menjadi seperti apa yang dia lihat dan dengar yaitu menjadi seorang penyanyi.

Demikian sedikit tips untuk Bunda agar tidak salah memilihkan alat musik bagi anaknya. Semoga bebi Bunda bisa menjadi apa yang dia inginkan kelak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memperkenalkan Anak pada Alat Musik"

Post a Comment