10 Cara Mengatasi Mual dan Muntah Pada Awal Kehamilan


Selamat pagi Bunda..

Mual yang dialami oleh ibu hamil adalah wajar. Bahkan sebagian besar ibu hamil mengalaminya. Biasanya mual terjadi mulai minggu kedua sampai bulan ketiga masa kehamilannya. Penyebab utama mual sendiri adalah perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. 

Mual pada ibu hamil sering disebut dengan morning sickness, walaupun sebenarnya rasa mual itu sendiri tidak hanya terjadi pada pagi hari saja, akan tetapi bisa di siang hari ataupun malam hari. Bahkan ada beberapa ibu hamil yang mengalami morning sickness di sepanjang hari.

Mual sebenarnya tidak berbahaya bagi ibu hamil maupun janin. Justru dengan rasa mual yang dialami, ibu hamil akan banyak mengkonsumsi makanan bernutrisi yang baik bagi janin. Namun, jika merasa mual disertai dengan muntah yang terus-menurus, maka harus di waspadai, karena mungkin ada gangguan pada kehamilan. 


Bagaimana cara mengatasi mual saat hamil? 
Mual yang terjadi bisa bunda atasi sendiri tanpa konsultasikan dahulu pada dokter pribadi anda, berikut beberapa tips mengurangi rasa mual saat hamil:
1. Hindari makanan berlemak, berminyak, dan pedas karena akan memperburuk rasa mual. 

2. Makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. 
Cara ini sangat efektif untuk di praktekkan karena terbukti dapat mengurangi rasa mual yang ada. Berusahalah untuk membagi waktu makan anda yang sebelumnya 3x sehari menjadi 5x atau 6x sehari itu akan sangat membantu mengatasi mual.

3. Makan buah-buahan. 
Buah sangat baik bagi ibu hamil dan janin karena mengandung berbagai vitamin dan antioksidan. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dingin dapat mengurangi rasa mual saat hamil. Simpanlah buah-buahan di lemari es agar selalu fresh dan dingin. Dan bunda tetap harus ingat jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah yang dilarang untuk dikonsumsi saat hamil seperti nanas, anggur, pepaya, dan durian. Konsumsilah buah-buahan yang aman seperti jeruk, apel, mangga, dan pisang agar janin tetap sehat.

4. Makan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi. 
Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi bisa mengurangi rasa mual saat hamil seperti roti, kentang, biskut, sayuran, dan buah-buahan.

5. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat
Dengan minum air putih atau jus yang cukup dapat membantu mengurangi rasa mual, dan jangan minum kopi atau teh karena akan menambah rasa mual yang ada.

6. Jangan terburu-buru bangun di pagi hari.
Usahakanlah setelah bangun tidur, bunda jangan tergesa-gesa untuk bangun, cobalah untuk duduk dan berdiri perlahan. Biasanya ibu hamil yang bangun tidur langsung beraktifitas akan merasa mual dan pusing di kepala ketika bangun tidur. Jika bunda merasa mual ketika bangun tidur, siapkanlah biskuit aau roti disamping tempat tidur anda dan makanlah sebelum anda bangun.

7. Minum minuman jahe anget
Jahe anget bisa mengurangi rasa mual bagi ibu hamil. Jahe merupakan obat tradisional untuk mengurangi rasa mual. Bunda juga bisa makan permen jahe.

8. Vitamin B 6 sangat efektif untuk mengurangi rasa mual saat hamil. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter pribadi anda jika anda akan mengkonsumsinya.

9. Pakai pakaian yang nyaman dan tidak ketat di pinggang

10. Istirahat dan relaks akan membantu mengurangi rasa mual. Jika anda jenuh, anda bisa jalan jalan keluar untuk menghirup udara segar. 

Segeralah periksa ke dokter jika bunda mengalami rasa mual terus-menerus disertai dengan gejala nyeri pada perut, urin berwarna kuning pekat, meraa sangat lemas, dan tubuh panas. 

Semoga artikel ini bermanfaat sehingga mual dan muntah bunda cepat hilang...^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Mengatasi Mual dan Muntah Pada Awal Kehamilan"

Post a Comment