11 Pantangan Dalam Mempersiapkan Kehamilan

Kehadiran buah hati adalah salah satu hal yang sangat didambakan dan berharga dalam hidup seorang wanita yang telah menikah.  Perencanaan kehamilan bagi pasangan suami istri pun wajib diperhatikan, jangan pernah melewatkan bagian-bagian penting tidak hanya seperti perencanaan finansial, emosional tetapi juga kesiapan fisik calon ibu pun perlu mendapatkan perhatian lebih.

Berkaitan dengan persiapan fisik dan kesehatan calon ibu, ada beberapa hal yang patut diwaspadai dan dihindari.  Hal tersebut antara lain adalah:

baca juga: 20 Cara Agar Cepat Hamil

1. Makanan dan minuman
MSG…  zat yang jamak terkandung dalam penyedap masakan ini sangat mempengaruhi kesuburan Bunda. Kandungan zat-zat kimia didalamnya terkadang mengganggu metabolisme tubuh. Tak hanya itu, minuman/makanan yang berpengawet pun seperti makanan kaleng, minuman instan dalam kemasan/botol tidak baik karena berpotensi menghambat pertumbuhan otak yang mengakibatkan kelainan fisik dan cacat pada janin.

2. Minuman beralkohol & berkafein
Alkohol, minuman yang berfungsi sebagai penghangat tubuh ini bisa sangat membahayakan karena bisa menyebabkan kerusakan hati dan menganggu pertumbuhan embrio yang telah dibuahi. Jika terlanjur kecanduan, perlu diingat Bunda bahwa pembuahan dan kehamilan akan memperkecil kemungkinan terjadinya ovulasi meskipun sedang dalam masa subur.
Kafein seperti kopi juga perlu ditinggalkan dalam mempersiapkan kehamilan karena kafein dapat meningkatkan terjadinya resiko keguguran.

3. Lemak dan kolesterol tinggi
Makanan berlemak dan berkalori tinggi berpotensi menambah berat badan dan yang lebih buruk akan meningkatkan tekanan darah yang beresiko saat melahirkan. Oleh karena itu, saat hamil diperlukan berada pada kondisi berat badan yang ideal sehingga akan mempermudah kehamilan hingga akhirnya saat melahirkan.

4. Kosmetik
Perawatan rutin yang biasanya kita lakukan ternyata juga berimbas pada kesuburan Bunda.  Indikasi tersebut disebabkan oleh karena kandungan kimia yang tersimpan di dalamnya. Ada baiknya, konsultasikan dulu dengan dokter tentang penggunaan kosmetik yang kita gunakan.

5. Kebiasaan buruk
Ada beberapa kebiasaan buruk yang memberikan tanda bahaya kehamilan, khususnya bila kita kurang berolahraga. Jadi sebaiknya dibiasakan untuk rutin berolahraga ya Bunda. Tidak perlu olahraga berat atau ekstrem. Dengan kita berolahraga, maka fisik kita pun terlatih dalam menghadapi proses kehamilan sampai proses persalinan.

6. Vitamin kehamilan
Asam folat adalah kandungan yang diperlukan oleh setiap calon ibu, termasuk yang sedang merencanakan kehamilan. Konsumsi sekitar 400 mikogra untuk asupan asam folat yang dibutuhkan. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa banyak vitamin mengandung vitamin A.  asupan yang dapat diterima oleh tubuh normalnya sekitar 770 mikogram RAE atau 2,565 IU. Maka selalu cek kemasan vitamin yang diminum,karena kelebihan vitamin A dapat menyebabkan cacat pada kelahiran.

7. Merokok & Mirasantika
Kedua benda tersebut sangat membahayakan bagi Ayah Bunda, sebab tidak hanya menurunkan kualitas sperma dan meningkatkan ketidaksuburan dalam hormon, tapi juga memperbesar kemungkinan keguguran dan kelahiran premature. Selain itu, kandungan kimianya masih dapat tersisa di dalam darah dalam jangka waktu yang lama

8. Ikan laut bermerkuri
Kandungan merkuri tinggi terdapat dalam ikan hiu, ikan pindang, ikan tuna putih, ikan makarel. Selama mengupayakan untuk memperoleh keturunan, hindari dulu konsumsi ikan-ikan tersebut. Sebagai gantinya,cobalah ikan herring, ikan salmon dan ikan trout karena aman dan mengandung omega-3 yang sangat diperlukan oleh calon Bunda.

9. Polusi
Batasi diri dari paparan bahan-bahan kimia seperti radiasi matahari, pestisida dalam sayur dan buah serta kandungan timah yang dapat meracuni tubuh. 

10. Infeksi bakteri & virus
Bakteri dan virus yang terdapat dalam makanan/minuman perlu diwaspadai. Lemahnya daya tahan tubuh karena infeksi bakteri dan virus dapat mempengaruhi kesuburan Bunda.

11. Berat badan tak proporsional
Jika indeks massa tubuh di bawah 20, perlu menambah berat badan  untuk dapat menjalani kehamilan yang bebas resiko, jika indeks massa tubuh di atas 24, perlu berkompromi dengan menurunkan beberapa kilogram berat badan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Pantangan Dalam Mempersiapkan Kehamilan"

Post a Comment