8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Hai Bunda..

Apakah kaki bunda sekarang bengkak? Kebanyakan ibu hamil akan mengalami hal yang sama yaitu mengalami pembengkakan pada daerah di telapak kaki. Ini normal ko bunda, jadi jangan kuatir ya?. Pembengkakan disebabkan karena meningkatnya hormon yang menahan cairan. Hal ini bisa terjadi karena posisi duduk atau berdiri yang terlalu lama.

Berikut merupakan cara untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil, antara lain:

1.  Pada saat tidur usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung bunda, dengan posisi ini akan membantu sirkulasi darah dari dan menuju jantung. Bunda bisa menggunakan bantal sebagai penyangga kaki. Dan usahakan jangan sering sering duduk bersila, karena peredaran darah di kaki akan terhambat sehingga membuat kaki menjadi bengkak.

2. Dalam masa kehamilan yang semakin besar usahakan jangan berdiri terlalu lama, dan jangan sampai merasa pegal. Pegal yang dirasakan itu menandakan bahwa peredaran darah dan otot mengalami kelelahan. Jika merasa pegal, istirahat sebentar ya bunda?.

3. Ketika tidur sebaiknya badan miring ke kiri. Manfaat yang dapat bunda rasakan saat tidur dengan posisi miring ke kiri adalah membuat tekanan ada tubuh berkurang dan aliran darah lebih teratur.

4. Dengan olah raga yang teratur. Selama masa kehamilan, olah raga sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu fit. Selain itu dengan olah raga akan membantu mengatasi masalah-masalah kehamilan terutama dalam mempersiapkan kelahiran yaitu dengan latihan pernapasan. 

5. Melakukan gerakan-gerakan ringan seperti ketika bunda duduk, gerakkanlah pergelangan kaki memutar dan di tekuk, ini berguna untuk melancarkan aliran darah dari dan menuju kaki.

6. Jika bunda menyukai olahraga renang sebaiknya berjalanlah di dasar kolam renang. Masa air akan mengangkat bayi sehingga mampu mengatur peredaran darah secara normal pada ibu hamil.

7. Hindari menggunakan sepatu yang ber hak tinggi (high heels) karena akan menyumbat peredaran darah dari dan menuju kaki. Hal ini bisa menyebabkan pembengkakan di kaki semakin besar.

8. Selalu mengingat dan menerapkan pola hidup sehat selama kehamilan. Dan jangan mengkonsumsi garam secara berlebihan. 

Semoga kaki bunda cepat kembali normal ya?setelah membaca artikel ini...^-^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil"

Post a Comment