Apa Saja Makanan Pemicu Cepat Hamil?

Hallo Bunda,,

Sebelum mempersiapkan kehamilan, tak ada salahnya Bunda mulai mengatur pola makan. Asupan nutrisi tertentu ternyata mengandung kandungan untuk meningkatkan kesuburan.
Semuanya pun bisa dengan mudah didapatkan di sekitar kita Bunda…
Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memicu cepat hamil, antara lain:
1. Produk Susu
Sumber kalsium dan protein banyak didapatkan dari macam-macam produk susu seperti yoghurt, keju maupun susu itu sendiri.  Kandungan kalsium dan protein yang tinggi pada produk ini bisa meningkatkan kesuburan.  Jika alergi terhadap susu sapi, bisa diganti dengan susu kedelai yang sama-sama mengandung protein tinggi.

2. Kacang Hijau
Kacang hijau banyak mengandung vitamin E. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan potensi terjadinya kehamilan. Selain itu, vitamin E merupakan antioksida yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas dan juga melindungi sel-sel telur dari kerusakan akibat serangan radikal bebas tersebut.

3. Jenis kacang-kacangan
Makanan kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang tanah, kacang polong mengandung protein yang sangat baik untuk membantu meningkatkan ovulasi. Jenis kacang-kacangan ini memiliki asam lemak Omega-3 , asam lemak esensial dan Zinc yang dapat mempengaruhi hormon kesuburan.

4. Sayuran dan Buah-buahan
Tak perlu ditampik betapa dahsyatnya manfaat sayur dan buah bagi kesehatan kita. Dalam sebuah studi, buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi yang berguna untuk membantu mencegah sperma menggumpal. Tak hanya itu, bagi para pria infertile dapat pula meningkatkan jumlah sperma dan motilitas ( kemampuan bergerak ke sel telur dengan benar). Tingkatkan pasokan gizi Ayah dan Bunda dengan konsumsi kiwi, anggur, stroberi dan mangga.
Konsumsi rutin buah dan sayur dapat menjadikan fungsi reproduksi akan bekerja dengan lebih baik lagi. Komposisi yang sarat akan vitamin, mineral, dan nutrisi kaya antioksidan & fitokimia dapat membantu menghilangkan radikal bebas. Piih sayuran yang berwarna cerah karena kandungan nutrisinya lebih banyak. Sayuran berdaun hijau pun seperti bayam dan kangkung kaya akan zat besi.
Zat besi penting untuk menyeimbangkan siklus menstruasi. Bila tidak seimbang, alhasil kemungkinan cepat hamil akan sulit. Kesampingkan rasa tidak suka Bunda pada sayuran, cobalah untuk berkreasi dengan menu sayuran. Dan buktikan manfaatnya sebagai makanan penyubur kandungan.

5. Daging merah
Protein yang terkandung dalam daging merah dapat meningkatkan kemampuan untuk menyuburkan kandungan maupun sperma. Selain itu daging merah juga mengandung zat besi yang terbukti menurunkan resiko kehamilan yang timbul dalam proses ovulasi. Dan efisien mempertahankan pembelahan sel.

6. Teh
Minum teh dapat membantu proses cepat hamil karena menjaga sel-sel reproduksi dari kerusakan. Tentu saja karena teh mengandung zat anti oksidan (biasa disebut polifenol) yang dapat menangkal oksidasi dalam tubuh yang notabene oksidasi merusak sel-sel dalam tubuh.

7. Madu
Minuman yang telah terbukti khasiat sejak jaman dahulu kala ini dapat juga membantu proses cepat hamil. Madu berkhasiat untuk menjaga vitalitas tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

8. Kurma
Alternatif aman bagi Ayah dan Bunda ini kudu patut dijajal juga yahh. Banyak pasutri yang terbantu dalam memiliki buah hati setelah mengkonsumsi kurma secara teratur.

9. Gingseng
Zat afrodisiak adalah zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Zat tersebut terdapat dalam gingseng. Ampuh sekali dalam menjaga hubungan antara Ayah Bunda karena dapat membentuk hormon testosterone. Tak hanya itu, gingseng juga dapat memperbaiki fungsi hormon metabolisme tubuh.

10. Serat
Banyak didapatkan dari sayuran, buah dan gandum yang baik untuk meningkatkan kesuburan.

11. Ikan
Salmon, tuna, sarden, trout dan mackerel bisa membantu kesuburan. Selenium yang terkandung dalam ikan mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas. Selenium pun terbukti membuat sperma menjadi lebih subur. Pun dapat mencegah terjadinya kerusakan kromosom yang menyebabkan cacat bawaan dan keguguran.

12. Lengkuas dan Jahe
Rempah-rempah ini ampuh untuk mencegah ejakulasi, melancarkan peredaran darah dan merangsang ereksi.

13. Bawang Putih
Bumbu dapur alami yang mudah didapatkan ini juga mengandung zat yang dapat meningkatkan kesuburan.

14. Kentang Panggang
Vitamin B dan E yang ditemukan pada makanan ini dapat meningkatkan pembelahan sel serta memproduksi ovum yang sehat.

15. Vitamin D
Vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga metabolism kalsium di jaringan reproduksi ini bisa ditemukan dalam telur, minyak ikan, tuna, salmon dan susu. Ada juga yang bisa didapatkan dengan cuma-Cuma, yakni sinar matahari pagi.

16. Vitamin E
Vitamin yang namanya dikenal mashyur untuk meningkatkan kesuburan ini memang dapat meningkatkan produksi lendir leher rahim. Dan juga dapat meningkatkan kualitas ovum atau sel telur.  Bisa Bunda jumpai dalam makanan kecambah, biji bunga matahari, kiwi, kacang almond, gandum dan tomat.

17. Vitamin B6
Makanan yang kaya akan vitamin B6 (asam folat) sepertinya sudah menjadi sebuah keharusan untuk meningkatkan kesuburan. Vitamin ini mengandung banyak fungsi yakni meningkatkan produksi hormon pria, meningkatkan jangka waktu antara ovulasi-awal siklus menstruasi dan meningkatkan  kemungkinan implantasi sehingga peluang cepat hamil terbuka lebar. Banyak juga yang mempercayai bahwa asam folat mencegah terjadinya keguguran. Tuna, sarden, pisang, hati, kuning telur, kedelai , ubi jalar, brokoli dan alpukat adalah makanan yang mengandung vitamin B6.

18. Seng/Zinc
Mineral yang penting karena mempersiapkan tubuh untuk kehamilan yang menjadikan organ reproduksi aktif menghasilkan hormon progresteron dan estrogen. Gandum, hati dan kacang kemiri adalah makanan yang mengandung seng.

19. Cabai
Pedasnya cabai yang dirasakan tubuh mampu membuat gairah meningkat. Dengan mempercepat aliran darah ke daerah reproduksi , cabai mampu meningkatkan keampuhan produksi dan kualitas sperma.

20. Asparagus
Sayuran ini disinyalir merangsang ginjal dan membuang sisa metabolisme dalam tubuh karena kandungan asam amino asparagines yang dimilikinya. Zat lain yang dimiliki asparagus juga dikatakan berfungsi meningkatkan sirkulasi dalam darah, membantu melepaskan lemak yang bercokol di dinding pembuluh darah, dan mengurangi kegagalan ovulasi.

21. Tahu
Makanan berbahan kedelai ini kaya akan zat besi yang mampu melipatgandakan ovulasi dan kesehatan pada produksi sel telur.

22. Tiram
Tiram mampu meningkatkan kualitas dan produksi sperma, sehingga volume ejakulasi mengalami kenaikan. Kandungan vitamin B12 yang juga terdapat pada tiram diyakini memperkuat lapisan endometrium dalam pembuahan sel telur dan mencegah resiko keguguran.
Semoga berguna ya Bunda.. Yuk mulai sekarang konsumsi makanan sehat diatas yahh…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Makanan Pemicu Cepat Hamil?"

Post a Comment