Apa Saja Penyebab Pendarahan Selama Kehamilan


Selamat pagi Bunda..??^^

Apakah bunda mengalami pendarahan saat hamil? jangan takut dan kuatir dulu ya bunda? soalnya ada beberapa jenis pendarahan yang wajar di alami oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. 

Pada artikel ini, obebiku akan memberikan informasi mengenai penyebab-penyebab apa saja yang bisa mengakibatkan pendarahan selama kehamilan. Yuk kita lihat bersama,

1. Implantation Bleeding
Implantation bleeding adalah pendarahan yang normal dialami oleh ibu hamil selama 6-12 hari pertama kehamilannya. Impantation bleeding biasanya ditandai oleh flek-flek wajar di sekitar bagian kewanitaan. Implantation bleeding bisa terjadi karena tertanamnya sel telur yang dibuahi pada dinding rahim. Pendarahan jenis ini wajar ya bunda?? jadi jangan takut dan kuatir.

2. Miscarriage atau keguguran
Keguguran merupakan pendarahan yang terjadi yang ditandai dengan keluarnya jaringan melalui vagina. Biasanya keguguran terjadi karena kondisi kesehatan ibu hamil yang kurang baik atau adanya kelainan dalam rahim. Gejala keguguran ditandai dengan kram yang sangat kuat pada perut bagian bawah.

baca juga: Waspadai tanda-tanda keguguran dan cara menanganinya

3. Kehamilan diluar kandungan ( Ectopic Pregnancy)
Pendarahan yang terjadi karena Ectopic pregnancy atau kehamilan diluar kandungan biasaya dialami oleh ibu hamil yang memiliki kelainan di rahimnya. Posisi embrio yang seharusnya menempel pada dinding rahim, akan tetapi pada kehamilan diluar kandungan, embrio tertanam pada tuba fallopi. Jika embrio terus berkembang maka akan mengakibatkan tuba fallopi pecah dan akan membahayakan ibu hamil maupun janin. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter pribadi anda jika bunda mengalaminya.

4. Molar Pregnancy atau Hamil Anggur
Pendarahan yang terjadi karena molar pregnancy sangat jarang ditemui karena adanya pertumbuhan yang abnormal dalam rahim (bukan merupakan pertumbuhan janin)

5. Perubahan pada Serviks (Leher Rahim)
Pendarahan ini terjadi karena hubungan seksual yang kotor selama masa kehamilan. Dalam masa kehamilan akan lebih banyak darah yang mengalir ke serviks atau leher rahim, dan jika serviks tersentuh karena hubungan seksual yang kotor maka akan memicu terjadinya pendarahan.

6. Infeksi
Pendarahan karena infeksi pada serviks, vagina atau penyakit menular seksual seperti chlamydia, gonorrhea, atau herpes) dapat menyebabkan pendarahan dalam masa kehamilan pada trimester pertama.

7. Placenta Previa
 Pendarahan terjadi ketika plasenta terletak rendah pada uterus dan sebagian atau seluruhnya menutup pembukaan jalan lahir.

8. Vasa Previa
Pendarahan Vasa Previa terjadi karena pembuluh darah bayi sedang berkembang pada tali pusat atau plasenta  menyilang pada jalan lahir. Kondisi ini sangat berbahaya bagi bayi karena pembuluh darah dapat robek, menyebabkan bayi mengalami pendarahan hebat dan kekurangan oksigen.

9. Robeknya Rahim
Pendarahan karena robeknya rahim sangat jarang karena umumnya terjadi dalam peristiw yang tak terduga seperti kecelakaan di lalu lintas.

10. Lepasnya plasenta dari dinding rahim ( Placental Abruptio)
Plasenta yang lepas dari dinding rahim sangat berbahaya bagi ibu maupun janin. Pendarahan karena kondisi ini biasanya terjadi pada usia kandungan trimester ketiga atau usia memasuki 20 minggu.

11. Luka pada serviks atau vagina karena jatuh.
Pendarahan ini terjadi karena peristiwa yang tidak terduga seperti jatuh di kamar mandi sehingga membuat luka di dinding rahim dan memicu terjadinya pendarahan.


Segeralah periksa ke dokter pribadi anda jika mengalami pendarahan sebelum terlambat. Semoga artikel ini bermanfaat ya bunda??

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Penyebab Pendarahan Selama Kehamilan"

Post a Comment