Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil


Haloo Bunda...

Dalam kehidupan sekarang ini semua serba instan mulai dari teknologi, transportasi maupun makanan. Karena waktu yang mendesak ketika Bunda akan pergi bekerja sehingga melupakan pola hidup sehat, sehingga Bunda makan makanan instan. Yang namanya makanan instan pasti mengandung bahan kimia maupun pengawet. Ini berbahaya lo bunda???


Oleh karena itu kali ini obebiku akan memberikan beberapa contoh makanan yang tidak boleh dimakan dan harus dihindari selama masa kehamilan, antara lain:

1. Makanan-makanan gorengan
Mengapa makanan gorengan harus dihindari? Gorengan adalah salah satu makanan yang sering kita makan. Tapi tanpa kita sadari gorengan mengandung minyak yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Minyak tersebut hasil olahan pabrik yang berasal dari tanaman rekayasa genetika yang banyak mengandung pestisida. Solusinya bunda bisa mengganti minyak ini dengan mentega atau minyak kelapa yang merupakan 100% minyak jenuh, karena lebih stabil ketika dipanaskan pada suhu tinggi. 

2. Makanan yang mengandung gula
Karena sifat gula adalah anti nutrisi maka gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh, yang dapat menaikan berat badan, selain itu juga bisa menyebabkan hilangnya kalsium bersama dengan urin. Cara terbaik adalah dengan mengurangi makan makanan manis, atau makanan yang mengandung pemanis buatan. Dengan mengkonsumsi gula yang berlebihan akan mengakibatkan diabetes, mudah lelah, merusak fungsi ginjal, membahayakan jantung, menekan sistem kekebalan tubuh, merusak saraf, dan memicu gigi berlubang. 

3.Makanan mengandung pengawet
Beberapa pengawet yang dilarang karena membahayakan kesehatan tubuh, antara lain Asam Borak, Asam Salsiat, Kloramfenikol, Formalin.

4. Minumam Beralkohol
efek yang bisa ditimbulkan karena mengkonsumsi alkohol adalah Gangguan mental organik (GMO), merusak daya ingat, oedema otak, sirosis hati, gangguan jantung, gastrinitis, paranoid, keracunan atau mabuk.

5. Makanan kaleng
Makanan kaleng mengandung BPA yaitu bahan kimia beracun yang terkait dengan kelainan reproduksi, efek neurologis, diabetes, penyakit jantung, dan resiko tinggi kanker payudara dan kanker prostat.

6. Makanan yang mengandung pemanis buatan
Aspartam dari pemanis buatan akan membentuk metanol dalam tubuh. Metanol ini akan dibawa ke otak dan sumsum tulang, yang kemudian akan diubah menjadi formaldehida yang merusak DNA. Banyak produk olahan yang mengandung pemanis buatan seperti minuman bersoda. Jika bunda memerlukan pemanis gunakan pemanis alami seperti madu, gula aren, gula merah dan sebagainya.

7. Daging olahan
Kebanyakan daging olahan juga mengandung bahan kimia yang memicu kanker, karena biasanya daging olahan berasal dari hewan yang tidak dibesarkan dengan cara yang ramah ligkungan. Carilah daging segar dari hewan yang dibesarkan dengan cara alami., misalnya sapi lokal yang diberi makan rumput.

8. Margarin
Margarin yang mengandung bahan pengawet bisa menyebabkan penyakit jantung, kanker, masalah tulang, penyakit kulit, dan banyak masalah kesehatan lainnya. Mentega yang berasal dari sapi yang makan rumput bisa membantu melawan kanker dan diabetes.

9. Makan Buah secara langsung
Jangan makan buah langsung setelah makan karena akan menyebabkan terisinya perut dengan udara. Oleh karena itu makan buah sebaiknya satu atau dua jam setelah makan, hal ini juga berguna untuk menurunkan obesitas.

Semoga artikel ini bermanfaat ya bun???

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil"

Post a Comment