Manfaat Pola Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil

Bagi sebagian ibu hamil, pola hidup sehat sering diabaikan dengan alasan antara lain malas, tidak sempat, tidak penting dan lain sebagainya. Namun dengan gaya hidup yang tidak sehat justru akan membahayakan bayi atau ibunya. Gaya hidup seperti ini selama masa kehamilan akan menghambat pertumbuhan janin. Untuk menjalankan pola hidup sehat selama kehamilan tidaklah mudah, karena harus menghindari makanan-makanan yang lezat. Karena kebanyakan makanan yang lezat dibuat secara instan dan memakai bahan kimia maupun pengawet yang berbahaya. 


Mari kita bahas hal-hal yang harus dihindari dalam masa kehamilan agar kita hidup dengan sehat, diantaranya sebagai berikut:

1. Hindari makanan berlemak seperti gorengan
2. Kurangi minuman memiliki kandungan gula tinggi
3. Hindari makanan yang mengandung pengawet
4. Jangan minum minuman beralkohol
5. Jangan merokok
6. Hindari makanan kaleng
7. Hindari makanan yang mengandung pemanis buatan
8. Hindari daging olahan
9. Hindari margarin
10. Jangan makan buah-buahan secara langsung

Nah Bunda, setelah kita melakukan 10 hal diatas, kita akan memperoleh manfaatnya secara langsung maupun tidak langsung, antara lain:

1. Menghindari keguguran dan kelahiran prematur
Dengan melakukan pola hidup sehat selama kehamilan dapat mengurangi terjadinya keguguran atau kelahiran prematur. Rokok, minuman alkohol mengandung zat yang sangat berbahaya bagi janin karena dapat berakibat bayi menjadi cacat atau parahnya lagi bisa mengakibatkan keguguran.

2. Menyelamakan ibu dan bayi dari infeksi
Kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minumam keras, memakai obat terlarang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh ibu maupun bayi sehingga bisa berakibat terjadinya infeksi, anemia, jantung, infeksi kulit, hepatitis dan penyakit menular lainnya.  Infeksi yang dialami oleh ibu hamil akan mempengaruhi perkembangan janin, Karena bakteri maupun virus akan ditransfer ke janin.

3. Mengurangi resiko cacat bayi yang baru lahir
Ibu hamil yang memiliki kebiasaan minum minuman keras akan cenderung melahirkan bayi dengan sindrom alkohol janin (FAS), suatu kondisi yang mencakup cacat yang serius seperti kelainan bentuk wajah, masalah jantung, keterbelakangan mental, berat lahir rendah, dan tingkat kelahiran rendah. Dengan menanamkan pola hidup sehat seperti tidak merokok, tidak minum alkohol, tidak memakai obat terlarang akan mengurangi resiko cacat seperti ini.

4. Mengurangi resiko ketergantungan narkoba dalam kehidupan anak nanti.
Ketergantungan terhadap obat terlarang yang di alami oleh ibu hamil nantinya akan berpengaruh kepada anaknya. Hal ini bisa terjadi karena faktor genetik yang diwariskan dari ibunya.

baca juga: makanan yang harus dihindari ibu hamil

Jadi kesimpulannya Bunda harus tetap menjaga pola hidup sehat selama masa kehamilan ya?? itu semua demi buah hati kita tercinta....



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Pola Hidup Sehat Bagi Ibu Hamil "

Post a Comment