Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil


Olahraga sangat penting untuk dilakukan selama dalam masa kehamilan, selain membuat tubuh menjadi fit, olahraga juga dapat mempermudah proses persalinan nanti Bunda. Tetapi dalam masa kehamilan bunda harus berhati-hati dalam berolahraga, karena jika salah memilih jenis olahraga akan berpengaruh buruk terhadap janin. Tidak sedikit ibu hamil berhenti olahraga karena takut membahayakan kehamilannya. Bahkan sebagian dari mereka menambahkan porsi makan dan waktu tidur. Kebiasaan seperti ini justru akan beresiko timbulnya berbagai penyakit seperti diabetes gestational


Oleh karena itu, dalam artikel kali ini obebiku akan membagikan informasi mengenai jenis-jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil selama masa kehamilanya, antara lain:

1. Jalan Kaki
Olahraga yang pertama adalah jalan kaki. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan. Olahraga jalan kaki adalah olahraga yang aman dan baik dilakukan selama kehamilan. Dengan jalan kaki akan menjaga kesehatan tubuh dan jantung ibu hamil. Selain itu jalan kaki sangat efektif untuk mengatasi gangguan pada lutut, pinggang serta mata kaki, mengencangkan otot dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

2. Yoga
Olahraga yang kedua adalah yoga. Yoga merupakan olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Selain mengurangi stres pada ibu hamil, dengan olahraga yoga dapat membentuk tubuh tetap bagus setelah melahirkan.

3. Senam Kegel
Senam Kegel bermanfaat untuk memperkuat otot-otot kewanitaan. Dengan olahraga senam kegel ini ibu hamil akan mudah dalam melakukan persalinan normal.

baca juga : Manfaat Senam Kegel Bagi Ibu Hamil

4. Renang
Olahraga renang juga merupakan olahraga yang aman bagi ibu hamil. Akan tetapi, ibu hamil jangan terlalu sering menyelam karena akan mempengaruhi tekanan pada tubuhnya. Gerakan yang di anjurkan adalah berjalan di dalam kolam renang dengan kaki menyentuh dasar kolam.

5. Bersepeda
Olahraga ini juga aman untuk ibu hamil. Bersepeda dapat menopang berat badan, sehingga tekanan tubuh akan lebih sedikit. Sedangkan untuk mengurangi resiko terjatuh,ibu hamil bisa menggunakan sepeda statis, seperti yang ada di fitnes center. Mulailah bersepeda perlahan-lahan dan jangan terlalu bersemangat. Lakukanlah olahraga ini dengan santai.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan lakukanlah olahraga ini dengan teratur sehingga akan bermanfaat ya bunda. Dan jika bunda ingin melakukan olahraga lain sebaiknya konsultasikan pada dokter pribadi anda...Selamat berolahraga...!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Olahraga yang Aman Bagi Ibu Hamil"

Post a Comment