16 Cara Agar Ibu Hamil Bisa Tidur Dengan Nyenyak


Halo Bunda,

Apakah bunda susah tidur? Apakah bunda mengantuk tetapi tidak bisa tidur? Ya itu wajar bunda, karena tubuh menjadi lebih berat dan ada yang bergerak di dalam tubuh bunda. 

Pada artikel kali ini, obebiku akan memberikan tips dan cara agar bunda bisa tidur dengan nyenyak
berikut tipsnya:

1. Carilah Posisi Tidur yang Nyaman
Posisi tidur sangat menentukan kenyamanan tidur ibu hamil. Temukan posisi tidur terbaik anda, karena setiap ibu hamil bisa berbeda-beda. Posisi tidur terbaik yang dianjurkan untuk tidur selama masa kehamilan adalah miring ke sisi kiri, karena dapat membantu mengoptimalkan aliaran darah, oksigen dan nutrisi ke plasenta. Penting juga menempatkan keala lebih tinggi dari pada badan agar cairan tidak menumpuk di kepala.

baca juga: Posisi Tidur yang Aman dan Tepat Untuk Ibu Hamil

2. Minum Segelas Susu Hangat
Dengan minum segelas susu hangat sebelum tidur terbukti bisa membuat tidur anda lebih nyenyak, karena susu mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu untuk dapat tidur dengan nyenyak.

3.  Jangan Tidur Siang
Terlalu banyak tidur siang akan membuat ibu hamil menjadi tidak bisa tidur di malam hari. Sebaiknya hindari tidur di siang hari jika tidak benar-benar lelah.

4. Mandi Dengan Air Hangat
Ibu hamil bisa mandi menggunakan air hangat untuk membuat tubuh menjadi segar. Gunakan sabun yang memiliki bau yang menyegarkan. Dengan begitu tubuh anda akan segar dan akan membantu anda menjadi rileks.

5. Hindari Makan Terlalu Banyak Sebelum Tidur
Dengan perut yang kenyang, ibu hamil akan tidak enak dalam tidur di malam hari. Jadi hindari makanan-makanan yang membuat kenyang diperut. Bunda bisa mengganti nasi dengan roti atau kentang dan di kombinsasi dengan segelas susu hangat.

6. Latihan Pernapasan
Dengan latihan pernapasan terbukti membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Latihan napas yang teratur berfungsi untuk mengurangi ketegangan-ketegangan dalam tubuh dan melemaskan otot-otot tubuh sehingga membantu bunda untuk tidur. Latihan napas bagi ibu hamil bisa dipraktekkan dengan cara carilah posisi duduk yang tepat, dan tariklah napas melalui hidung secara perlahan, tahan selama 3-5 detik, kemudian keluarkanlah udara lewat mulut. Bunda bisa mempraktekkannya setiap kali mau tidur. 

7. Beristirahat
Jika bunda sulit beristirahat karena gerakan janin yang terlalu aktif, bunda bisa mengenali kapan waktu janin tersebut akan bergerak. Biasanya gerakan janin akan sama setiap harinya, sehingga mudah untuk dikenali. Jadi carilah waktu dimana janin kita tidur, dan kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk beristirahat.

8. Melakukan Kegiatan yang Menyenangkan
Agar tidak stres, bunda bisa melakukan kegiatan yang anda senangi, misalnya mendengarkan musik atau membaca buku. Dengan melakukan hobi tersebut, bunda akan lebih rileks sehingga tidur terasa lebihnyenyak.

9. Jangan Stress
Ibu hamil sangatlah sensitif dan rawan untuk mengalami stres. Cara untuk mengurangi stres adalah melakukan yang kita sukai, berbicara dengan teman, melakukan meditasi atau menyalurkan hobi bunda. 

10. Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi
Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil agar bisa tidur dengan nyenyak seperti roti, kentang, atau susu hangat. Makanan tersebut kaya akan karbohidrat dan protein yang berfungsi untuk menangkal sakit kepala dan menghindari mimpi buruk saat tidur.

11. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium
Kesemutan sering dialami oleh ibu hamil. Mengapa bisa terjadi seperti itu? karena ibu hamil kurang mengkonsumsi kalsium. Kalsium bisa bunda dapatkan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. 

12. Jangan Merokok
Merokok sangat berbahaya bagi kesehatn ibu hamil maupun janin. Selain membuat paru-paru menjadi rusak, juga dapat menimbulkan kelainan-kelainan pada janin anda. Dengan merokok akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

13. Jangan Makan Junk Food
Jika bunda ingin tidur lebih nyenyak, maka hindarilah junk food atau makanan cepat saji. Selain iu hindari makanan yang digoreng, terlalu pedas, atau terlalu asam. Makanlah biskuit atau buah untuk menghindari mulas dimalam hari. 

14. Mengurangi Minum Air Sebelum Tidur
Dengan mengurangi sedikit asupan air minum sebelum tidur akan membantu anda tidak bolak-balik ke kamar mandi, sehingga anda bisa fokus untuk tidur.

15. Gunakan Bantal untuk Tidur
Dengan menggunakan bantal untuk tidur akan membantu menopang kepala sehingga tidur anda akan lebih nyenyak. Selain membantu untuk menopang kepala, bantal juga berfungsi untuk mengurangi rasa pegal dan sakit di bagian belakang. Bunda bisa meletakkan bantal di sisi kanan dan kiri untuk menopang pinggang danpinggul sehingga lebih nyaman untuk tidur.

16. Sirkulasi Udara yang Baik
Biasanya ibu hamil akan merasa mudah cepat panas. Jadi gunakanlah sirkulai udara yang teap agar bunda tidak kepanasan. 

Demikian 16 tips agar bunda bisa tidur dengan nyenyak. nantikan artikel bermanfaat lainnya., Dan semoga setelah menbaca artikel ini, bunda bisa tidur dengan nyenyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Cara Agar Ibu Hamil Bisa Tidur Dengan Nyenyak"

Post a Comment