Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar pada Ibu Hamil

Hallo bunda, apakah bunda susah buang air besar akhir-akhir ini? jika jawabannya ya, mari kita lihat penyebab terjadinya susah buang air besar pada ibu hamil dan apa solusinya. Tenang saja karena ini merupakan hal yang wajar dan banyak dialami oleh ibu hamil lainnya. Karena hormon progesteron yang mengalami peningkatan berlebihan saat hamil maka akan berdampak pada pergerakan dan kerja usus. Akibat mekanisme ini, maka kotoran lebih lama ada di dalam usus, selain itu karena kebutuhan nutrisi janin maka usus akan menyerap lebih banyak cairan. Oleh karena itu kotoran akan lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan.


Penyebab lain susah buang air besar pada ibu hamil adalah konsumsi suplemen ibu hamil seperti asam folat, kalsium dan zat besi bisa menyebabkan feses menjadi lebih keras dan ibu hamil mengalami sembelit. Selain itu, kondisi perut yang semakin besar membuat bunda menjadi malas bergerak, ini juga mengakibatkan susah buang air besar lo Bund!! lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tips mengatasi susah buang air besar pada ibu hamil

Coba bunda memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran mengandung serat alami dan mengandung banyak air yang berfungsi untuk memperlancar buang air besar. Buah buahan yang banyak mengandung air dan aman bagi ibu hamil seperti labu siam, buah pir, buah semangka, buah melon. Makanan berserat biasanya mengandung senyawa prebiotik yang membantu mencegah sembelit karena disukai bakteri baik dalam usus. Bakteri ini juga ikut berperan dalam mengatur kepadatan feses agar tidak terlalu keras.

Darimana bisa mendapatkan senyawa prebiotik ini? Prebiotik merupakan zat karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh serta berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan makanan.  Senyawa prebiotik banyak terdapat pada biji-bijian, seperti tepung gandum, sayuran brokoli,  kembang kol dan semua sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, bawang putih dan bawang bombay.

Cara lain untuk mengatasi sembelit adalah dengan beraktifitas dan berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga yang aman bagi ibu hamil antara lain jalan kaki, berenang. baca juga : Olahraga yang aman bagi Ibu Hamil.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar pada Ibu Hamil"

Post a Comment