Posisi Tidur yang Aman dan Tepat Untuk Ibu Hamil


Sebelumnya, pastikan bunda sudah membaca artikel tentang 16 Cara Agar Ibu Hamil Bisa Tidur Dengan Nyenyak. Setelah membaca artikel tersebut, mari kita lihat posisi tidur terbaik dan aman yang dapat dilakukan ibu hamil saat tidur. 

Banyak ibu hamil yang bingung mengenai posisi yang aman dan tepat untuk tidur. Takut janin kenapa-kenapa, takut janin tergencet dan terganggu, atau yang lainnya merupakan kekawatiran yang biasa dialami oleh ibu hamil. Hal terebut biasa terjadi karena kurangnya informasi yang dimiliki oleh ibu hamil. Jangan takut tentang posisi tidur yang tepat, bunda masih bisa tidur nyenyak di trimester pertama kehamilan. Karena pada trimester pertama perut dan payudara masih belum begitu besar, namun bunda tetap harus berhati-hati. 

Berikut merupakan posisi yang aman dan tepat untuk tidur selama kehamilan:

1. Tidur Dengan Posisi Tengkurap
Sebenarnya posisi ini cukup aman bagi ibu hamil, akan tetapi hanya di trimester pertama. Karena adanya pembesaran di payudara dan perut sehingga membuat tidur tengkurap menjadi tidak nyaman setelah trimester pertama. Dan memasuki minggu ke 14 tidur dengan posisi tengkurap sangatlah tidak nyaman dan aman bagi ibu hamil karena harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap.

2. Tidur Dengan Posisi Terlentang
Tidur dengan posisi terlentang juga baik tetapi hanya di trimeter pertama. Setelah usia kehamilan menginjak 16 minggu ibu hamil tidak dianjurkan untuk tidur terlentang karena karena posisi ini akan menitik beratkan semua beban ke rahim dan bagian belakang. Tidur dengan posisi terlentang juga dapat mengakibatkan gangguan proses pencernaan, sakit pinggang, wasir, dan mengganggu pernapasan. Pada trimester kedua dan ketiga, posisi tidur terlentang dapat mempengaruhi tekanan darah. Beberapa kasus ibu hamil mempengaruhi naik atau turunnya tekanan darah. Kehamilan yang disertai dengan tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk tidur dengan posisi terlentang.

3. Tidur Dengan Posisi Miring
Tidur dengan posisi miring yang di anjurkan oleh dokter adalah miring ke kiri. Tidur dengan posisi miring ke kiri akan menghindarkan janin dari tekanan organ dalam ibu hamil, seperti hati yang terletak di sebelah kanan.

4. Tidur Dengan Posisi Bersandar
Jika bunda tidak bisa tidur dengan posisi miring, cobalah untuk tidur dengan posisi bersandar pada bantal yang ditinggikan tetapi masih dengan posisi miring. Tidur akan terasa lebih nyaman jika meletakkan bantak di bawah lutut.

Demikian 4 posisi yang aman dan tepat untuk tidur bagi ibu hamil selama kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat dann bunda bisa tidur dengan aman dan nyenyak. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Posisi Tidur yang Aman dan Tepat Untuk Ibu Hamil"

Post a Comment