Benarkah ASI yang Pertama Keluar Harus Dibuang?

Mungkin sebagian Bunda berpendapat bahwa ASI yang pertama kali keluar dari puting harus dibuang dan tidak boleh diminum oleh bayi. Pernyataan ini adalah salah karena ASI pertama yang keluar dari puting ibu menyusui adalah kolostrum yang mengandung banyak zat antibody yang berfungsi untuk kekebalan tubuh si buah hati. Proses Inisiasi Menyusu Dini ( IMD) bahkan salah satunya bertujuan agar bayi bisa memperoleh cairan kolostrum yang sangat berharga ini.

Anggapan bahwa ASI yang pertama keluar harus dibuang adalah basi juga tidak benar karena ASI selalu terlindungi dalam payudara ibu. Dengan tujuan membunuh kuman, tiap tetes ASI yang keluar sebelum menyusui boleh saja dioleskan diseputar puting susu ibu.



Kolostrum adalah ASI yang pertama keluar yang berwarna kuning dan kental. Cairan ini banyak mengandung antibodi penghambat pertumbuhan virus, bakteri dan mengandung banyak sekali protein dan mineral sehingga sangat penting untuk segera diberikan pada bayi begitu lahir.

Pedoman pemberian ASI adalah di hari pertama dan kedua 5-10 menit per payudara. Hari ketiga dan seterusnya 15-20 menit per payudara.

Berikut ini merupakan manfaat dari kolostrum yang keluar dalam 1-2 hari pertama setelah melahirkan:
  1. Bayi mempunyai zat kekebalan dan daya tahan tubuh yang tinggi terhadap serangan penyakit
  2. Kolostrum sesuai dengan kebutuhan bayi yang baru lahir
  3. Membantu proses pengeluaran mekonium. Mekonium adalah kotoran bayi pertama berwarna hitam kehijauan
  4. Kolostrum juga mempunyai kemampuan untuk menurunkan timbulnya reaksi sebuah alergi
  5. Kolostrum ASI juga mengandung beberapa zat yang berguna serta bermanfaat dalam jumlah yang tinggi seperti natrium, kalium, dan kolesterol. Kombinasi dari berbagai macam zat gizi ini akan ampuh dan bermanfaat bagi perkembangan jantung, otak serta sistem saraf pusat bayi.

Jadi tidak benar jika ASI yang pertama kali keluar harus dibuang, justru harus diminum oleh buah hati kita. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah ASI yang Pertama Keluar Harus Dibuang?"

Post a Comment