Benarkah Payudara Kecil Tidak Bisa Menghasilkan ASI yang Cukup?

Hallo Bunda

Apakah payudara bunda kecil dan kawatir tidak bisa menghasilkan ASI yang cukup untuk si buah hati? Jangan takut dan panik dulu ya Bunda.. Karena pada dasarnya semua payudara pasti menghasilkan ASI.

Payudara kecil tetap bisa menghasilkan ASI yang cukup. Banyak para Ibu dan calon ibu yang cemas dengan ukuran payudara mereka yang kecil. Mereka kawatir produksi ASI tidak akan memadai bagi kebutuhan makanan si buah hati.



Penjelasannya sebagai berikut, produksi ASI didorong oleh beberapa hormon, diantaranya prolaktin dan oksitosin. Pada umumnya, setelah melahirkan produksi ASI akan meningkat karena hormon penghambatnya mulai berkurang. Hormon prolaktin memproduksi ASI ini lebih banyak dihasilkan pada malam hari. Sementara itu, hormon oksitosin dihasilkan oleh otak yang muncul karena rangsangan puting payudara saat bayi menyusu. Hormon yang dikirim oleh otak ini kemudian memeras kelenjar-kelenjar yang penuh berisi ASI, untuk selanjutnya keluar melalui puting payudara. 

Perasaan positif, semacam senang dan puas terhadap bayinya, serta rasa percaya diri bahwa ASI miliknya yang terbaik bagi sang bayi, bisa membantu produktifitas ASI menjadi meningkat. Sebaliknya, rasa kesal, kecewa, marah dan kawatir tidak punya cukup ASI, dapat menghambat refleks oksitosin, sehingga menghambat produktifitas ASI.

Jadi kesimpulannya bunda harus tetap dalam keadaan senang dan gembira sehingga bisa selalu fit dalam memberikan ASI terbaik untuk sang buah hati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Payudara Kecil Tidak Bisa Menghasilkan ASI yang Cukup?"

Post a Comment