Cara Mudah Menyusui dengan Puting Rata/Datar ???

Pada dasarnya semua ibu bisa menyusui bayinya meskipun puting payudaranya rata atau bahkan terbalik. Sebab, bayi menyusu pada areola, dan bukan pada puting payudara. Areola adalah daerah lingkar berwarna gelap disekitar puting yang bisa mengeluarkan ASI. Ketika bayi mulai menempelkan mulutnya pada areola dan mulai menghisap ASI, mulut bayi akan menarik puting ibu keluar. Jika puting payudara rata sebaiknya harus lebih luangkan waktu untuk bayi sejak dari awal kelahiran agar memiliki banyak waktu untuk berlatih menyusui.
Yang perlu di perhatikan untuk payudara dengan puting datar/rata dan terbenam/terbalik adalah:
  • Lakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan biarkan bayi melekat sendiri pada payudara.
  • Hindari penggunaan penyambung puting (nipple shield) pada saat menyusui, karena akan menyakiti puting ibu, serta membuat bayi tidak belajar untuk melekat (latch-on) dengan benar pada payudara.
  • Coba beberapa posisi mendekap bayi. 
  • Menegakkan puting sebelum menyusui / merangsang puting dengan menggunakan pompa payudara tangan, tabung suntik, atau menarik puting keluar akan membantu puting untuk keluar dengan maksimal.
  • Membentuk payudara, dengan menopang payudara dari bagian bawah dengan jari-jari, dan menekan bagian atas payudara dengan ibu jari. Tidak memegang payudara terlalu dekat ke putting
  • Selama hamil tidak perlu menarik-narik puting.
  • Pada awal menyusui bisa sulit, tetapi posisi dan pelekatan yang benar akan sangat membantu. Untuk itu diperlukan bantuan dari konselor/konsultan laktasi untuk membantu ibu dengan teknik posisi dan pelekatan pada saat bayi menyusu.
  • Perlu diingat, bahwa bayi menyusu dari payudara (areola/bagian lingkaran hitam pada payudara) BUKAN dari puting.


Cara mengatasi puting datar yang masuk kedalam:
  1. Buka pakaian bunda dan berdirilah di depan cermin 
  2. Pegang payudara anda bagian areola (area gelap yang mengelilingi puting)
  3. Dengan mengunakan telunjuk dan jempol, tarik puting sedikit demi sedikit ke depan
  4. Lihat reaksi puting anda, jika puting anda langsung keluar dan tidak masuk kedalam lagi berarti puting anda tidak memberikan banyak masalah sehingga anda bisa langsung menyusui dengan aman
  5. Jika puting langsung keluar ketika ditarik dan ketika dilepas, puting kembali lagi kedalam berarti puting mengalami sedikit masalah, mungkin akan sedikit mengalami kendala saat menyusui
  6. Jika puting tidak mau di keluar ketika ditarik berarti puting mengalami masalah yang serius, dan sangat sulit untuk menyusui si buah hati, hanya ada satu cara yaitu dengan merangsang puting itu sendiri.
  7. Cobalah menyusui bayi anda, itu adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan. Gerakan mulut bayi akan merangsang puting untuk keluar, sehingga anda bisa menyusui dengan lancar.
Semoga bermanfaat....!!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menyusui dengan Puting Rata/Datar ???"

Post a Comment