Menyusui Menyebabkan Payudara Kendur, Benarkah?

Hallo Bunda,,

Masih tetap menyusui si buah hati kan? saya harap bunda masih menyusui si buah hati sampai menginjak usia 2 tahun. Selain ASI baik untuk perkembangan otak bayi, ASI juga sangat baik untuk menjaga stamina dan daya tahan buah hati anda.

Kali ini obebiku akan memberikan informasi tentang apakah menyusui membuat payudara bunda menjadi kendur? Ini lah yang membuat banyak wanita menyusui tidak mau menyusui si buah hati, karena kurangnya pemahaman tentang hal ini.



Sebenarnya menyusui tidak menyebabkan payudara bunda menjadi kendur, karena sebenarnya kekencangan payudara berubah menjadi kendur disebabkan oleh membesarnya ukuran payudara dan kenaikan berat badan selama kehamilan.

Selain itu payudara bisa kendur karena pola makan yang tidak sehat, sering merokok, dan berkurangnya olah raga. Seiring bertambahnya usia, kelenjar dipayudara pun berkurang, dan digantikan oleh jaringan lemak sehingga tidak sekencang dulu lagi.

Pada dasarnya payudara tidak memiliki otot, melainkan terdiri dari jaringan serat, lemak, dan kelenjar yang memproduksi air susu. Jaringan payudara secara terus menerus mendapatkan kadar hormon estrogen dan progresteron yang berbeda-beda. Hormon ini akan berubah selama menstruasi, kehamilan, menyusui, dan menopause. Tapi ukuran dan bentuk payudara akan berubah secara significan selama kehamilan dan menyusui.

Berikut merupakan faktor-faktor yang bisa membuat payudara berubah penampilannya:
  1. Jumlah bulan kehamilan yang sudah dijalani
  2. Ukuran kehamilan sebelum kehamilan
  3. Usia 
  4. BMI (Body Masa Indeks) yang menentukan ukuran persentase lemak tubuh
  5. Sejarah merokok atau tidak
Jadi tidak ada alasan lagi untuk bunda tidak menyusui si buah hati ya? Semua demi buah hati kita ... OK!!!! Terimakasih Bunda sudah menyusui buah hatinya...


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyusui Menyebabkan Payudara Kendur, Benarkah?"

Post a Comment